Jadi Juara Robot Internasional Tak Sesulit Kontes Lokal

Bookmark and Share
Bandung - Tim Indonesia bisa jadi juara di kontes robot internasional di San Fransisco, Amerika Serikat, tak lain berkat kompetisi robot di negeri sendiri yang katanya jauh lebih sulit.
Menurut Ketua Divisi Robotika Unikom, Yusrila Y Kerlooza, Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) justru lebih sulit ketimbang kontes robot berskala internasional seperti International Robo Games yang digelar 12-14 Juni 2009 di San Francisco.
Namun karena hal itu, tim dari Indonesia bisa menyabet juara. Demikian dia mengungkap rahasia kemenangan tim Indonesia tersebut kepada detikINET, Selasa petang (23/6/2009)
"Kriteria KRCI jauh lebih sulit. Karena dari awal peraturan langsung susah. Seperti sudah ada paku atau ada polisi tidur di lintasan. Saat di KRCI ini dibuat wajib, namun di sana (International Robo Games) tidak wajib," paparnya.
Namun Yus justru merasa bersyukur dengan ketatnya peraturan saat di KRCI. Salah satu keuntungan yang dirasakan oleh timnya adalah mereka lebih siap dalam menghadapi segala rintangan saat di lintasan.
"Justru karena itu kita jauh lebih siap daripada tim yang lain," ujar dosen berambut gondrong ini sumringah.
Dalam kontes bergengsi tersebut, Indonesia diwakili oleh tim dari Unikom yang terdiri dari Dr Aelina Surya (Purek III sebagai Ketua Tim), Dr Hj Ria Ratna Ariawati (Purek I), Yusrila Y Kerlooza (Ketua Divisi Robotika), Rudi Hartono (mahasiswa), dan Stevanus Akbar Alexander (mahasiswa).
Robot DU-114 meraih waktu tercepat dalam mencari sumber api dan memadamkannya dengan semprotan air secara otomatis. Sedangkan Robot NEXT-116 belum memperoleh medali.
Meski demikian, Robot NEXT-116 ini merupakan satu-satunya robot yang menggunakan 8 kaki sebagai alat gerak (walking robot) yang ikut bertanding dalam kategori Open Fire Fighting Autonomous Robot tersebut.
Sedangkan robot-robot lainnya menggunakan roda/rantai sebagai alat gerak sehingga NEXT-116 disebut juri sebagai karya robot yang spektakuler untuk kategori tersebut. (sumber dari detikinet.com)

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

made gelgel mengatakan...

indonesia sebenarnya gak kalah jauh sama negara lain, sayang semua orang pintar indonesia sekolah di luar

MAJU INDONESIA!!!

Posting Komentar